Beranda | Artikel
Cerita Ramadhan di Desa Miskin Gunung Kidul (2)
Selasa, 31 Juli 2012

Cerita Ramadhan kali ini melanjutkan cerita pada tanggal 8 Ramadhan kemarin. Hingga 11 Ramadhan kali ini ada beberapa kegiatan yang dilakukan seperti penyaluran air di beberapa masjid terpencil dan buka puasa bersama secara serempak di 7 masjid/ musholla.

1. Penyaluran air ke 4 masjid

Sejak hari Jum’at lalu sudah disalurkan air ke 7 masjid/ musholla yang sulit dijangkau PDAM sehingga harus membeli air sendiri untuk keperluan masjid pada musim kemarau seperti sekarang ini. Di hari Ahad, ditambahkan lagi penyaluran untuk 4 masjid yaitu Masjid Padem, Bulu Rejo, Pucang, dan Talgapung. Jadi total masjid/ musholla yang disalurkan air adalah sebelas.

2. Buka puasa bersama di 7 masjid secara serempak

Pada hari Ahad, 29 Juli 2012 (9 Ramadhan 1433 H), diadakan buka puasa secara serempak di 7 masjid. Masing-masing masjid diberikan dana sebesar Rp.500.000 dengan lauk minimal ayam atau ikan. Masjid yang diserahkan dana untuk berbuka adalah Masjid Jaami’ Al Adha Mbali, Musholla Nur Hasanah Magir, Masjid Al Hadi Nduren, Masjid Adz Dzikro Ngampel, Musholla Al Ikhlas Kunci, Musholla Ash Shofudin Krambil dan Masjid Al Munawwaroh Slembi. Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan lancar dan warga sangat bahagia dengan adanya buka puasa serempak ini. Cuma do’a yang bisa kami panjatkan kepada Allah, semoga kebaikan para muhsinin yang telah sudi memberikan dana berbuka mendapatkan ganjaran melimpah dari Allah.

3. Kajian Ramadhan bersama ibu-ibu

Perlu diketahui bahwa kegiatan pembelajaran Pesantren Darush Sholihin di bulan Ramadhan dibagi menjadi empat kelas:

1. Kelas 1, dengan santri Iqro’ 5 dan 6.

2. Kelas 2 Putera dan Puteri (kelas terpisah), dengan santri yang sudah memulai membaca Al Qur’an.

3. Kelas 3 Puteri, dengan santri yang sudah mahir membaca Al Qur’an.

4. Kelas 4 Putera, dengan santri bapak-bapak dan para remaja putera.

5. Kelas 4 Puteri, dengan santri ibu-ibu muda dan sebagiannya telah sepuh.

Total santri saat ini mencapai 160-an.

Yang berkesan dari kegiatan Pesantren Darush Sholihin kali ini adalah membludaknya peserta terutama dari kalangan ibu-ibu. Tak disangka banyak ibu-ibu terutama ibu-ibu muda yang tertarik mengikuti kegiatan pembelajaran Ramadhan. Sekitar 50 orang yang menghadirinya. Dan pelajaran yang diajarkan sederhana, mulai dari masalah wudhu, shalat dan fikih keluarga. Berikutnya akan berlanjut pada pembahasan akidah. Mereka pun semakin giat mengikuti kegiatan pembelajaran karena setiap kajian diadakan doorprize berhadiah pulsa Rp.10.000.

4. Kajian Ramadhan bersama bapak-bapak

Bapak-bapak pun tertarik mengikuti kajian Ramadhan kali ini. Sekitar 25 peserta yang mengikuti kajian tersebut. Mereka meminta agar diajarkan tata cara shalat yang benar. Alhamdulillah, mereka sangat senang sekali akan pelajaran tersebut seakan-akan menjadi hal yang baru bagi mereka. Karena dalam kajian disinggung pula bagaimana kesalahan-kesalahan mereka dalam shalat. Semoga Allah senantiasa memberikan mereka taufik dan hidayah.

5. Kajian tafsir bersama bapak-bapak setiap ba’da Shubuh

Setiap Shubuh mulai tanggal 6 Ramadhan kemarin, kami memandu mengkaji kitab tafsir Juz ‘Amma dengan rujukan utama Tafsir Ibnu Katsir. Sekitar 5-7 orang hadir rutin dalam kajian tersebut. Pembahasan dimulai dari belakang, yaitu surat An Naas. Pagi tadi baru saja mengkaji surat Al Maa’uun dan Al Kaafiruun. Direncanakan kajian ini akan diteruskan hingga akhir Ramadhan demi memanfaatkan moment Ramadhan sebagai bulan Al Qur’an.

6. Penyaluran fidyah

Bersama buka puasa, disalurkan fidyah dari orang-orang yang terkena kewajiban ini. Sampai saat ini telah dibagikan 734 bungkus fidyah kepada fakir miskin saat waktu berbuka puasa dan sebagiannya sudah dibagikan sebelum Ramadhan. Penyaluran fidyah ini masih diterima hingga akhir Ramadhan.

7. Tadarusan keliling ditambah kajian tafsir

Yang mengikuti tadarusan ini adalah para pengurus masjid dan para remaja. Di dalamnya berisi pembelajaran cara baca Al Qur’an kemudian ditambah dengan tafsirannya. Dua pertemuan sebelumnya membahas dua surat yaitu surat Al Humazah dan surat Al Maa’uun yang diadakan pada tanggal 26 dan 28 Juli 2012 di Musholla Ash Shofudin Krambil dan Musholla Al Ikhlas Kunci.

[Seluruh kegiatan pembelajaran dan kajian diasuh oleh pimpinan pesantren Darush Sholihin]

Kami atas nama pesantren Darush Sholihin hanya bisa memanjatkan do’a, moga Allah membalas kebaikan para muhsinin yang telah turut serta menyenangkan warga miskin di desa kami dan telah membantu pula untuk pembangunan pesantren kami.

 

Abu Dzar pernah berkata mengenai wasiat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam padanya, “Kekasihku (Rasulullah) shallallahu ‘alaihi wa sallam berwasiat kepadaku dengan tujuh hal: (1) supaya aku mencintai orang-orang miskin dan dekat dengan mereka, (2) beliau memerintahkan aku agar aku melihat kepada orang yang berada di bawahku dan tidak melihat kepada orang yang berada di atasku …” (HR. Ahmad 5: 159, shahih).

 

Ramadhan_1433_2

 

Laporan pemasukan dana, silakan lihat di sini.

Bagi yang berminat menyalurkan donasinya untuk kegiatan Ramadhan di desa miskin Panggang Gunung Kidul, silakan menyalurkannya lewat rekening berikut:

1. Rekening BCA KCP Kaliurang atas nama Muhammad Abduh Tuasikal: 8610123881.

2. Rekening BNI Syariah atas nama Sdr Muhammad Abduh Tuasikal: 0194475165.

3. Rekening Bank Syariah Mandiri KCP Wonosari atas nama Muhammad Abduh Tuasikal: 3107011155.

4. Rekening BRI Yogyakarta Cik Ditiro atas nama Muhammad Abduh Tuasikal: 0029-01-101480-50-9.

Setelah mengirimkan donasi, silakan mengkonfirmasi ulang ke 0815 680 7937 (via SMS) dengan mengetik nama pemberi zakat, besar zakat, rekening tujuan, tanggal transfer, keperluan transfer (kode kegiatan). Konfirmasi ini harus ada untuk membedakan dengan donasi lainnya yang disalurkann www.rumaysho.com.

Kode kegiatan:

1. Buka puasa warga (BPW)

2. Buka puasa santri (BPS)

3. Bingkisan lebaran (BL)

4. Beasiswa santri (BS)

5. Fidyah (FD)

6. Zakat maal (ZM)

7. Sedekah (SD)

Contoh sms konfirmasi: Ahmad#Rp.2.000.000#BNI Syariah#7 Juni 2012#ZM.

Konfirmasi dapat pula dilakukan via email rumaysho@gmail.com atau ds.santri@gmail.com.

 

Pimpinan Pesantren Darush Sholihin: Muhammad Abduh Tuasikal

 

@ Panggang-Gunung Kidul, 11 Ramadhan 1433 H

Info www.rumaysho.com


Artikel asli: https://rumaysho.com/2715-cerita-ramadhan-di-desa-miskin-gunung-kidul-2.html